Ingin Gaji Besar? Berkarierlah di Industri Ini

Ilustrasi Gaji

Liputan6.com, Jakarta - Berkarier di perusahaan yang mentereng belum tentu menerima remunerasi gaji yang tinggi. Industri apa saja yang memberikan gaji terbaik?
Tahun pertama berkarir di BMW Indonesia, saya sempat bertanya kepada pihak HR, “Mengapa standar gaji kita cenderung lebih rendah dibanding industri FMCG (fast-moving consumer goods)?”
Pihak HR yang sangat suportif menjawab, “Begini Pak, kita itu dalam menerapkan remunerasi mengacu pada hasil riset konsultan HR, dan sayangnya industri kita termasuk dalam manufacturing yang memang kurang kompetitif remunerasinya.”


Berdasarkan hasil riset gaji tersebut, remunerasi gaji di BMW memang sangat kompetitif di industri manufacture, namun masih di bawah FMCG dan Telco. Gaji seorang Sales Vice President di industri Otomotif bisa saja sedikit di bawah gaji seorang Senior Manager di industri Telco.
Baca Juga


Meski begitu, apa yang membuat saya betah berkarier di BMW Indonesia waktu itu? Tentunya selain karena tim yang luar biasa hebat dan bisa belajar banyak tentang bagaimana menangani merek premium internasional di Indonesia, BMW adalah salah satu perusahaan dengan employer branding yang luar biasa, dan inilah yang menjadi daya tarik. Dengan sebuah strategi employer branding yang tepat, perusahaan mampu merekrut talenta dengan harga lebih kompetitif.

Jadi, bukan jaminan kalau berkarier di perusahaan yang mentereng akan mendapatkan remunerasi yang tinggi. Di negara asalnya, banyak orang rela menerima remunerasi lebih kecil demi bisa berkarier di BMW.